RSS

Perkalian Oh Perkalian

18 Oct

Perkalian merupakan topik yang sangat penting dalam pembelajaran matematika karena sangat sering dijumpai penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Seperti halnya operasi yang lain, pembelajaran perkalian dipilah dalam 2 hal, yaitu perkalian dasar dan perkalian lanjut. Perkalian dasar yang dimaksud adalah perkalian dari dua bilangan yang masing-masing merupakan bilangan satu angka, sedangkan perkalian lanjut adalah perkalian selain perkalian dua bilangan satu angka. Jadi dapat berupa perkalian bilangan dua angka dengan bilangan satu angka, bilangan satu angka dengan bilangan dua angka, bilangan tiga angka dengan bilangan satu angka, bilangan tiga angka dengan bilangan dua angka, dan seterusnya (Marsudi dkk, 2009).

Secara tidak sadar, orangtua atau bahkan guru, membandingkan kemampuan berpikir anak dengan dirinya, termasuk dalam perkalian. Seringkali muncul ungkapan kepanikan dan kekesalan ketika anak tidak bisa mengerjakan soal-soal perkalian yang menurut kita sangat mudah. Tidak jarang pula mereka membandingkan kemampuan anak dengan anak-anak lain yang sementara harus disadari bahwa setiap anak memiliki tingkat kecepatan dalam memahami dan ingatan yang berbeda-beda.

Pada siswa kelas III SD misalnya, ada siswa yang tidak mengalami kesulitan dalam menyelesaikan berbagai macam soal perkalian bilangan satu angka dengan bilangan dua angka, dan perkalian lanjut pada kelas-kelas selanjutnya dikarenakan pada kelas II sudah dipelajari perkalian bilangan satu angka. Kenyataannya masih ada siswa yang mengalami kesulitan dalam hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman pada perkalian bilangan satu angka yang dipelajari di kelas II. Hal ini menunjukkan pentingnya pemahaman tentang perkalian bilangan satu angka di kelas II karena menjadi dasar untuk memahami operasi-operasi perkalian lanjut pada kelas selanjutnya.

Dalam pembelajaran matematika pada umumnya guru beranggapan bahwa siswa baru akan memahami suatu konsep matematika setelah diterangkan di papan tulis. Kondisi ini mendorong terciptanya pembelajaran matematika yang mekanistik yang mengandalkan rumus-rumus dalam menyelesaikan soal. Padahal pemberian rumus-rumus cenderung memaksa siswa untuk hanya mengingat seperangkat cara. Jika siswa lupa dengan cara tersebut mereka akan membuat kesalahan tanpa diketahui letak salahnya.

Hal ini juga terjadi pada perkalian, seringkali guru hanya menerangkan sedikit tentang konsep perkalian dan dilanjutkan dengan meminta siswa untuk menghafalkan perkalian bilangan satu angka dengan bantuan tabel perkalian 1-10. Bagi siswa yang memiliki daya ingat dan pemahaman yang tinggi hal ini tidak menjadi suatu masalah, sementara bagi siswa yang dengan kemampuan rata-rata akan menjadi hal yang sulit.

Dalam belajar matematika pengalaman belajar siswa sangatlah penting. Pengalaman tersebut akan membentuk pemahaman apabila ditunjang dengan alat bantu belajar, agar pemahaman matematika tersebut menjadi konkret. Dengan demikian alat bantu belajar atau biasa disebut media akan berfungsi dengan baik apabila media tersebut dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna, mengaktifkan dan menyenangkan siswa.

Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan di atas, dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana pembelajaran perkalian bilangan satu angka dengan menggunakan media gambar dan permainan?

Pembahasan lebih lanjut tentang permasalahan ini dapat diunduh pada tautan berikut.

Pembelajaran Perkalian Bilangan Satu Angka dengan Menggunakan Media Gambar dan Permainan

 
3 Comments

Posted by on October 18, 2012 in Papers

 

Tags: , ,

3 responses to “Perkalian Oh Perkalian

  1. Dedi

    August 1, 2013 at 10:32 pm

    Mohon Ijin menggunakan beberapa bagian dari tulisan di atas

     
  2. Sri Rejeki

    August 18, 2013 at 9:58 am

    Silahkan bapak, alstublieft🙂

     
    • Dedi

      August 18, 2013 at 12:08 pm

      Matur suwun

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: