RSS

Menemukan Rumus Luas Lingkaran Dengan Konteks Tutup Kaleng Kue Berbentuk Lingkaran

11 Nov

Oleh:

Nikmatul Husna  (nikmatulhusna13@gmail.com)

Sri Rejeki (srirejeki345@rocketmail.com)

Geometri merupakan cabang dari matematika yang sangat penting untuk dikuasai siswa karena aplikasinya berada di setiap tempat dan sepanjang waktu.  Dari seorang pelaut hingga teknisi mesin menggunakan prinsip-prinsip geometri dalam pekerjaan mereka. Sebagai contoh, sebelum adanya global positioning system (GPS), para pelaut menggunakan prinsip dasar geometri untuk menemukan lokasi dan menghitung jarak. Teknisi mesin menggunakan geometri setiap hari untuk menghitung dan menyesuaikan sudut, misalnya sudut presisi untuk pesawat.Di sekolah dasar, siswa mempelajari geometri datar dan geometri ruang.Khusus di kelas VI SD salah satu bangun datar yang di pelajari adalah lingkaran. Pada bagian menghitung luas lingkaran, biasanya guru memberikan rumus yang harus dihafal oleh siswa, memberikan contoh soal dan memberikan soal-soal latihan yang dapat dipecahkan dengan menggunakan rumus luas lingkaran yang sudah dihafalkan siswa. Pembelajaran seperti ini dikatakan sebagai pembelajaran dengan pendekatan mekanistik, sebuah pendekatan pembelajaran yang diterapkan di sebagian besar sekolah di Indonesia.

Sebagaimana dikemukakan oleh Wubbels, Korthagen & Broekman dalam Yenni B. Widjaja & Andre Heck (2003),  dalam pendekatan mekanistik, matematika dipandang sebagai suatu sistem aturan dan algoritma, mengerjakan soal matematika dapat dianalogikan sebagai mesin yang bekerja dengan memverifikasi dan menerapkan aturan-aturan yang sudah ada untuk memecahkan masalah yang mirip dengan masalah sebelumnya. Kelemahan dari pendekatan pembelajaran ini adalah, ketika siswa lupa rumus luas lingkaran, maka dapat dipastikan mereka tidak dapat menemukan jawaban yang benar.

Berdasarkan uraian di atas, siswa membutuhkan pengalaman belajar yang dapat membuat mereka memahami konsep luas lingkaran. Hafalan yang hanya bersifat short-term memory dan tanpa pemahaman yang yang cukup matang akan membuat siswa kesulitan untuk memecahkan soal yang bervariasi. Oleh karena itu, observer bersama dengan guru kelas mendesain pembelajaran luas lingkaran dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) yang diawali dengan konteks tutup kaleng kue berbentuk lingkaran dan lingkaran dari kertas karton yang telah dipotong menjadi 16 bagian untuk menemukan rumus luas lingkaran dengan pendekatan dari bangun datar-bangun datar yang sudah dipelajari siswa pada level yang sebelumnya.

Kegiatan pembelajaran ini dilaksanakan pada hari Jumat, 9 November 2012, di kelas VI B pada Sekolah Dasar Negeri 98. Siswa yang terlibat dalam proses pembelajaran ini berjumlah 33 siswa yang terdiri 17 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Kegiatan pembelajaran ini dilaksanakan secara bekerja sama dengan guru matematika kelas VI yaitu Ibu Kartini, S.Pd.

Paper ini adalah laporan hasil observasi ketiga pada mata kuliah Classroom Observation, untuk versi lengkapnya dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris dapat didownload pada link di bawah ini:

Bahasa Indonesia 

English

 
3 Comments

Posted by on November 11, 2012 in Research

 

Tags: , ,

3 responses to “Menemukan Rumus Luas Lingkaran Dengan Konteks Tutup Kaleng Kue Berbentuk Lingkaran

  1. Bang Qohar

    November 11, 2012 at 3:41 pm

    superr….

     
    • Sri Rejeki

      November 12, 2012 at 1:06 am

      thank you, semoga ke depan bisa lebih baik…

       
      • Bang Qohar

        November 12, 2012 at 6:32 am

        Amiin…salam PMRI🙂

         

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: