RSS

Minimarket Guru untuk Belajar Pengurangan

12 Nov

Oleh:

Nikmatul Husna  (nikmatulhusna13@gmail.com)

Sri Rejeki (srirejeki345@rocketmail.com)

Dalam pembelajaran matematika, operasi penjumlahan dan pengurangan merupakan salah satu materi yang sangat penting untuk dikuasai siswa karena berhubungan langsung dengan kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, ketika siswa membeli sebuah buku dengan harga Rp. 5.400, 00 dan membayar dengan uang sebesar Rp. 10.000,00, maka siswa harus bisa menentukan besarnya uang kembalian yang akan diterima. Di samping itu, pengusaan operasi penjumlahan dan pengurangan merupakan  kemampuan dasar untuk mempelajari operasi perkalian, pengurangan dan materi-materi lain pada tingkat yang lebih tinggi.

Akan tetapi pada kenyataannya, tidak semua siswa dapat memahami materi ini dengan mudah. Siswa tidak mengalami kesulitan pada soal-soal yang hanya melibatkan sedikit angka karena sudah dipelajari di kelas sebelumnya. Akan tetapi, semakin banyak angka pada bilangan yang dioperasikan siswa menjadi kesulitan khususnya pada operasi penjumlahan dan pengurangan yang melibatkan peminjaman. Siswa cenderung hanya menunggu instruksi dari guru tentang langkah apa yang harus dilakukan. Hal ini menyebabkan penguasaan yang tidak menyeluruh dan ingatan yang pendek karena ketika diberikan lagi soal yang berbeda siswa tetap mengalami kesulitan.

Salah satu hal yang menyebabkan permasalahan ini adalah kegiatan pembelajaran yang kurang inovatif. Pengurangan dan penjumlahan hanya melibatkan bilangan-bilangan yang tidak bermakna bagi siswa dan penggunaan konteks hanya terdapat pada kompetensi dasar terakhir yaitu memecahkan masalah yang berkaitan dengan uang. Pembelajaran diberikan dengan memberikan contoh soal, dilanjutkan dengan memberikan soal-soal yang sejenis dengan asumsi siswa dapat mengerjakan berdasarkan contoh yang telah diberikan oleh guru. Terbatasnya dana, sarana dan pengetahuan tentang bagaimana mendesain pembelajaran yang menarik dan bermakna bagi siswa menjadi penyebab dari masih diterapkannya pembelajaran konvensional di sekolah. Dibutuhkan lebih dari kemampuan mengajar untuk membuat pembelajaran lebih bermakna bagi siswa dan dengan pengetahuan tentang berbagai macam strategi pembelajaran, guru dapat merencanakan pembelajaran sesuai dengan karakter materi yang akan diajarkan dengan memanfaatkan media pembelajaran yang murah dan bisa diperoleh dengan mudah.

Berdasarkan uraian di atas, siswa membutuhkan pengalaman belajar yang menggunakan konteks dan dekat dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran yang inovatif didukung penggunaan media diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa pada penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Oleh karena itu, dalam pembelajaran ini, designer mencoba mengemukakan salah satu bentuk pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan ntuk materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas V di SD Negeri 98 Palembang. Dalam penyampaian pembelajaran ini desainer dan guru menggunakan konteks minimarket menggunakan kardus-kardus dan botol-botol bekas yang telah diberi label harga.

Desain pembelajaran ini bertujuan agar siswa mampu meningkatkan  keterampilan memahami konsep pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan konteks dalam kehidupan sehari-hari menggunakan barang-barang bekas yang murah dan mudah diperoleh serta memberikan pengetahuan tambahan bagi guru  tentang  pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) sehingga menambah wawasan guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika di kelas.

Paper ini adalah laporan hasil observasi kedua pada mata kuliah Classroom Observation, untuk versi lengkapnya dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris dapat didownload pada link di bawah ini:

Bahasa Indonesia 

English

 
Leave a comment

Posted by on November 12, 2012 in Research

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: