RSS

Menemukan Konsep Kecepatan Dengan Konteks Alat-alat Transportasi

18 Nov

Oleh:

Nikmatul Husna (nikmatulhusna13@gmail.com)

Sri Rejeki (srirejeki345@rocketmail.com)

Setiap aktivitas yang kita lakukan tidak terlepas dari konsep-konsep yang ada dalam matematika. Matematika merupakan alat yang membantu kita dalam menyelasaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu siswa harus mempelajari matematika sedini mungkin dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.

Salah satu contoh penggunaan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari adalah masalah waktu. Supaya kita dapat menjalankan aktivitas dengan lancar, kita harus mampu mengatur waktu dengan baik. Seorang siswa harus mampu melakukan perhitungan secara sederhana sebelum berangkat ke sekolah supaya mereka tidak terlambat. Hal ini berkaitan dengan masalah waktu mereka berangkat, jarak yang harus mereka tempuh dan kecepatan dari alat transportasi yang mereka gunakan.

Salah satu materi yang dipelajari di Sekolah Dasar adalah jarak dan kecepatan. Materi ini dipelajari di kelas V SD pada semester 1. Siswa harus memahami materi ini dengan baik, karena akan berkaitan langsung dengan permasalahan yang mereka alami dalam kehidupan sehari-hari. Di samping itu, materi ini juga akan berkaitan dengan materi pada mata pelajaran lain yaitu Ilmu Pengetahuan Alam. Oleh karena itu, siswa tidak hanya sekedar untuk menghafal rumusnya, tetapi benar-benar memahami konsep dari jarak dan kecepatan.

Pada kenyataannya di lapangan, ditemukan bahwa guru cenderung langsung memberikan rumus kecepatan kepada siswa. Akibatnya siswa mengalami kebingungan dalam mengerjakan soal-soal. Sebagian besar siswa akan bingung ketika dilakukan perubahan pada soal, misalnya menghitung jarak jika diketahui kecepatan dan waktu atau menghitung waktu jika diketahui jarak dan kecepatan.

Berdasarakan permasalahan di atas, hendaknya proses pembelajaran yang dilaksanakan adalah pembelajaran bermakna bagi siswa. Siswa dibimbing dalam menemukan konsep-konsep dari permasalahan yang nyata di sekitar mereka. Proses pembelajaran yang mengawali pembelajaran dengan permasalahan kontekstual adalah Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Hal ini sesuai dengan yang diungkapkan oleh Freudenthal  tentang didactical phenomonolgy. Didaktikal fenomonologis adalah menggunakan analisis dari kejadian di dunia nyata sebagai sumber dari matematika. Hal yang penting dalam didaktikal fenomonologis adalah fenomena-fenomena nyata yang terjadi dapat meberikan kontribusi dalam matematika, bagaimana siswa dapat menghubungkan fenomena-fenomena tersebut dan bagaimana konsep-konsep muncul kepada siswa. (Freudenthal,2002:12)

Berdasarkan uraian di atas, observer beserta guru kelasV mendesain pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik PMRI. Pembelajaran di awali dengan memberikan permasalahan kepada siswa mengenai jarak dan kecepatan. Setelah itu siswa diberikan kesempatan untuk mengembangkan pola pikirnya dalam memecahkan masalah yang diberikan.

Kegiatan pembelajaran ini dilaksanakan pada hari Senin, 12 November 2012, di kelas VA pada Sekolah Dasar Negeri 98. Siswa yang terlibat dalam proses pembelajaran ini berjumlah 36 siswa yang terdiri 21 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Kegiatan pembelajaran ini dilaksanakan secara bekerja sama dengan guru matematika kelas VA yaitu Ibu Msy Melita Septiana, S.Pd.

Paper ini adalah laporan hasil observasi keempat pada mata kuliah Classroom Observation, untuk versi lengkapnya dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris dapat didownload pada link di bawah ini:

Bahasa Indonesia

English

 
Leave a comment

Posted by on November 18, 2012 in Research

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: