RSS

National Library of Virtual Manipulatives – Membandingkan Pecahan

07 Dec

Membandingkan pecahan merupakan salah satu topik yang dipelajari oleh siswa kelas IV Sekolah Dasar. Pada topik ini tidak jarang siswa mengalami kesulitan dalam membandingkan pecahan yang memiliki penyebut berbeda. Untuk membandingkan pecahan, siswa harus terlebih dahulu menyamakan penyebut dari pecahan-pecahan yang akan dibandingkan dan mencari Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) merupakan cara yang banyak diajarkan oleh guru. Cara tersebut memang praktis, akan tetapi, sebagai langkah awal, diharapkan siswa tidak hanya menjadi kalkulator penemu jawaban. Siswa diharapkan benar-benar memahami konsep pecahan sebagai bagian dari keseluruhan dan bagaimana membandingkan dan mengurutkan pecahan.

Penggunaan alat peraga memegang peranan penting dalam pembelajaran pecahan. Akan tetapi, sebagaimana kita ketahui, keterbatasan waktu, sarana dan prasarana seringkali menjadi kendala untuk menerapkan pembelajaran dengan mengunakan alat peraga. Padahal, seiring dengn perkembangan teknologi dan kemudahan akses internet, terdapat banyak website yang menyediakan sumber-sumber belajar yang sangat bermanfaat. Salah satunya adalah National Library of Virtual Manipulatives, website yang menyediakan pembelajaran matematika interaktif yang dapat diakses online oleh guru dan siswa secara gratis serta menyediakan free 2 bulan trial version untuk versi offlinenya. Berikut adalah salah satu contoh aplikasi untuk membandingkan pecahan dengan pie chart.

pie chart

 

 

 

 

 

 

 

Dan berikut ini contoh membandingkan pecahan dengan menggunakan rectangle chart.

kotak chart

 

 

 

 

 

 

 

Dengan memanfaatkan aplikasi tersebut, pembelajaran akan menjadi lebih menarik dan bermakna bagi siswa. Selain itu, siswa dapat berlatih secara mandiri di mana saja sehingga pembelajaran tidak hanya terjadi di dalam kelas. Untuk sekolah-sekolah di daerah dengan akses internet yang kurang memadai, hal ini mungkin tidak bisa diterapkan. Akan tetapi, guru tetap bisa mengadaptasi ide pembelajaran ini dengan memanfaatkan benda-benda yang ada di sekitar.

ā€œI never teach my pupils, I only attempt to provide the conditions in which they can learn.ā€
ā€• Albert Einstein

 
Leave a comment

Posted by on December 7, 2012 in Math Tools

 

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: