RSS

Penukaran Uang di Koperasi Sekolah

25 Dec

Oleh:

Nikmatul Husna (nikmatulhusna13@gmail.com)

Sri Rejeki (srirejeki345@rocketmail.com)

DSC04675

Uang adalah salah satu benda yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan kita. Uang merupakan alat yang digunnakan untuk melakukan transaksi jual beli. Oleh karena itu,  hendaknya setiap orang dapat memahami dengan baik nilai mata uang.

Materi mengenai uang mulai dipelajari siswa di kelas III Sekolah Dasar. Siswa akan mempelajari mengenai nilai-nilai mata uang dan kesetaraan dari nilai mata uang. Dalam mempelajari materi ini, kita dapat mengaitkannya dengan situasi yang sering dijumpai siswa. Hal ini sesuai dengan yang diungkapkan oleh Freudenthal  tentang didactical phenomenolgy. Didaktikal fenomenologis adalah menggunakan analisis dari kejadian di dunia nyata sebagai sumber dari matematika. Hal yang penting dalam didaktikal fenomenologis adalah fenomena-fenomena nyata yang terjadi dapat memberikan kontribusi dalam matematika, bagaimana siswa dapat menghubungkan fenomena-fenomena tersebut dan bagaimana konsep-konsep muncul kepada siswa. (Freudenthal,2002:12)

Pada kenyatannya proses pembelajaran dimulai dengan guru mengajarkan secara langsung kepada siswa nilai-nilai mata uang, dilanjutkan dengan memberikan beberapa contoh soal mengenai kesetaraan nilai uang dan memberikan soal-soal latihan yang mirip dengan contoh-contoh yang telah diberikan. Pembelajaran ini bukanlah pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Siswa tidak dibawa terlebih dahulu kepada situasi yang familiar bagi mereka. Di samping itu siswa tidak banyak dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran. Siswa hanya bersifat sebagai penerima informasi tanpa diberikan kesempatan untuk mengembangkan pola pikirnya. Siswa kurang dilatih untuk berpikir kritis sehingga mereka akan mengalami kesulitan ketika dihadapkan pada soal-soal yang kompleks dan bervariasi.

Berdasarkan uraian di atas, siswa membutuhkan suasana belajar yang dimulai dengan situasi yang familiar bagi mereka dan siswa dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, observer bersama dengan guru kelas mendesain pembelajaran mengenai uang dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) yang diawali dengan konteks penukaran uang di koperasi siswa.

Kegiatan pembelajaran ini dilaksanakan pada hari Senin, 3 Desember 2012, di kelas IIIB Sekolah Dasar Negeri 98 Palembang. Siswa yang terlibat dalam proses pembelajaran ini berjumlah 29 siswa. Kegiatan pembelajaran ini dilaksanakan secara bekerja sama dengan guru kelas III yaitu Ibu Ratna, S.Pd.

Paper ini adalah laporan hasil observasi ketujuh pada mata kuliah Classroom Observation, untuk versi lengkapnya dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris dapat didownload pada link di bawah ini:

Bahasa Indonesia

English

 
Leave a comment

Posted by on December 25, 2012 in Research

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: