RSS

Hipotesis Lintasan Belajar

11 Jun

Hipotesis lintasan belajar (HLB) merupakan instrumen yang digunakan dalam penelitian desain ini yang dapat menjembatani antara teori dengan eksperimen.  Istilah hipotesis lintasan belajar digunakan oleh Simon (1995) dengan istilah Hypothetical Learning Trajectory (HLT).  HLB sesungguhnya adalah hipotesis yang dibuat oleh peneliti mengenai proses belajar yang akan terjadi pada saat pelaksanaan pembelajaran di kelas. Hipotesis ini dibuat untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang dapat muncul di kelas, sehingga peneliti dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Hal lain yang juga penting adalah bahwa HLB dibuat berlandaskan teori yang sudah dikaji sebelumnya.

Hipotesis lintasan belajar  memberikan perencanaan harian bagi guru dan peneliti mengenai rangkaian aktivitas dalam melaksanakan eksperimen di kelas.  Di dalam HLB, peneliti memaparkan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. Kegiatan pembelajaran ini diurutkan sesuai dengan tahapan pemahaman konsep yang biasanya termuat dalam kegiatan (Gravemeijer, 2004).

HLB terdiri dari:

(1)  Tujuan, yaitu tujuan dari kegiatan pembelajaran matematika yang dilakukan. Tujuan yang dimaksud di sini adalah apa yang akan dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran tersebut.

(2)  Aktivitas pembelajaran

Aktifitas pembelajaran yang dirancang dengan seksama agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

(3)  Dugaan proses belajar siswa

Peneliti menduga di awal tentang bagaimana kegiatan pembelajaran akan berlangsung dan utamanya adalah proses belajar siswa selama kegiatan tersebut. Dengan dugaan-dugaan ini, peneliti dapat mengantisipasi segala kemungkinan di lapangan.

Reference

Gravemeijer, K. (2004). “Local Instruction Theories as Means of Support for Teachers in Reform Mathematics Education”. Mathematical Thinking and Learning, 6(2): 105-128.

Simon, M. A. (1995). Reconstructing mathematics pedagogy from a constructivist perspective, Journal for Research in Mathematics Education, 26, 114-145.

#####

Artikel ini dikutip dari https://matematikaunj.wordpress.com/hipotesis-lintasan-belajar/

 
Leave a comment

Posted by on June 11, 2015 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: